Banner-Header

Chromebook Flip C214MA, Laptop Merah Putih ala Asus Dirilis 22 Agustus

Jakarta – Raksasa teknologi Asus mengkonfirmasi akan meluncurkan laptop terbaru di Indonesia Chromebook Flip C214MA. Head of Public Relation ASUS Indonesia Muhammad Firman menjelaskan bahwa perangkat tersebut merupakan laptop Merah Putih ala Asus yang dibekali sistem operasi Chrome OS.

“Kami akan meluncurkannya pada hari Minggu pagi, 22 Agustus 2021, pukul 08.30 WIB. Kami akan meresmikan laptop merah putih versi Asus,” ujar dia dalam acara virtual Asus Chromebook LineUp Media Sneak Peek, Senin, 16 Agustus 2021.

Seperti diketahui, laptop Merah Putih merupakan perangkat yang akan diproduksi dalam negeri dengan Chrome OS oleh Pemerintah Indonesia. Laptop itu rencananya akan dikembangkan oleh konsorsium industri lokal bersama Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Gadjah Mada, serta segera diproduksi dalam waktu dekat.

Secara spesifikasi, Asus mendesain Chromebook Flip C214MA secara khusus dengan durability dan comfortable device terbaik. Bagian konstruksi dan panelnya sudah touch screen yang didukung oleh update frameware. “Ini membuat biayanya lebih tinggi, sehingga harganya akan lebih mahal daripada laptop Merah Putih pemerintah,” kata Rifan Fernando, Sales Engineering Asus Indonesia.

Menurut Rifan, dari segi durability, laptop ini menjawab survei yang mengungkap bahwa ada sekitar 45 persen rumah tangga di Inggris yang masih mempunyai anak kecil mengeluhkan laptop mereka rusak. “Ini alasan kita membuat laptop ini sangat rigid, dengan material yang dilapisi karet yang bisa menjaga induksi dan efek benturan,” tutur dia.

Bagian dalamnya, ditambahkan khusus untuk mendukung konstruk bagian luarnya. Mulai dari engselnya hadir dengan penampang besar, pelatnya dibuat menempel di pinggiran sasis, sehingga tidak mudah letoy.

Karena ditargetkan untuk anak-anak, Rifan berujar, perangkat ini juga memperhatikan dari segi keamanannya, seperti tombol keyboard yang dibuat rapat tanpa celah. “Ini menghindari anak iseng mencongkelnya,” katanya lagi.

Di bagian layarnya sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3, sehingga mengurangi kemungkinan pecah atau retak. Berbobot 1,2 kg, Chromebook Flip C214MA diklaim cukup dan cocok digunakan untuk anak-anak usia 12 tahun.

Sedangkan bagian softwarenya, menggunakan Chrome OS, yang memang ringan dan tidak haus hardware. Namun, dia menambahkan, hal itu masih bisa dioptimalkan, khususnya bagi pengguna yang sudah kenal dengan Linux. “Karena ringan, baterainya otomatis bisa lebih hemat, bisa bertahan 11 jam,” tutur dia.

Selain itu, Asus juga memasang jenis port USB Type C dua unit dan Type A, tanpa port HDMI dan LAN. Ada juga lubang 3,5 mm audio jack, serta satu slot untuk microSD hingga 1 TB. Untuk harga dan spesifikasi detailnya akan hadir saat peluncurannya.

 

sumber: https://tekno.tempo.co/read/1495163/chromebook-flip-c214ma-laptop-merah-putih-ala-asus-dirilis-22-agustus/full&view=ok